Aspek aspek penilaian per mata pelajaran dalam KTSP
ASPEK ASPEK PENILAIAN KTSP
- Pendidikan Agama.
- Kemampuan untuk mengembangkan konsep dan nilai-nilai kehidupan beragama.
- Kemampuan untuk menerapkan konsep dan nilai-nilai kehidupan beragama melalui praktik atau pengalaman belajar.
- Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai,
- Penerapan.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat dikelompokkan dalam aspek:
- Kemampuan untuk mengembangkan konsep dan nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara.
- Kemampuan untuk menerapkan konsep dan nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara melalui praktik atau pengalaman belajar.
- Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai,
- Penerapan.
Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP dikelompokkan dalam aspek:
- Mendengarkan,
- Berbicara,
- Membaca
- Menulis
- Mendengarkan
- Berbicara
- Membaca
- Menulis
Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP dikelompokkan dalam aspek:
- Mendengarkan,
- Berbicara,
- Membaca
- Menulis.
- Mendengarkan,
- Berbicara,
- Membaca
- Menulis
Standar kompetensi mata pelajaran matematika SMP terdiri dari 4. aspek yaitu : (a) Bilangan; (b) Aljabar; (c) Geometri dan pengukuran; (d) Peluang dan statistika;
Kecakapan atau kemahiran matematika yang diharapkan dalam pembelajaran matematika yang mencakup ke empat aspek tersebut diatas adalah mencakup : (a) Pemahaman konsep; (b) Penalaran; (c) Pemecahan masalah; (d) Mengkomunikasikan gagasan (e) Menghargai kegunaan matematika.
Penilaian matematika dalam rapor dikelompokkan menjadi aspek:
- Pemahaman Konsep
- Penalaran dan komunikasi
- Pemecahan masalah
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat dikelompokkan dalam:
- Pemahaman Konsep dan Penerapan
- Kerja Ilmiah
Berdasarkan hal di atas aspek Penilaiannya dikelompokkan menjadi:
- Pemahaman dan Penerapan konsep
- Kinerja Ilmiah
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dikembangkan menjadi beberapa indikator. Indikator-indikator tersebut dikelompokkan menjadi aspek:
- Kemampuan untuk mengembangkan konsep kehidupan sosial, dan
- Kemampuan untuk menerapkan konsep kehidupan sosial melalui Praktik atau Pengalaman Belajar.
- Penguasaan Konsep,
- Penerapan.
8. Seni Budaya
Standar Kompetensi Mata Pelajaran Seni Budaya meliputi bidang:
- Seni Rupa,
- Seni Musik,
- Seni Tari,
- Seni Teater.
- Apresiasi,
- Kreasi,
- Apresiasi
- Kreasi
Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani , olah raga dan kesehatan terdiri atas:
- Permainan dan Olahraga,
- Aktivitas Pengembangan,
- Uji diri/senam,
- Aktivitas Ritmik,
- Akuatik
- Pendidikan Luar Kelas.
- Kesehatan
- Permainan dan Olahraga,
- Aktivitas Pengembangan,
- Uji diri/senam,
- Aktivitas Ritmik,
- Akuatik/ Pendidikan Luar Kelas.
10. Pilihan : Keterampilan atau Teknologi Informasi dan Komunikasi
- Keterampilan
- menciptakan dan mengkomunikasikan produk kerajinan, dan
- menciptakan dan mengkomunikasikan produk teknologi.
- Kreasi Produk Kerajinan,
- Kreasi Produk Teknologi
1. Teknologi Informasi dan Komunikasi
Standar kompetensi untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dikelompokkan dalam:
- Pemahaman Konsep, Pengetahuan, dan Operasi Dasar,
- Pengolahan Informasi untuk Produktivitas, dan
- Pemecahan masalah, eksplorasi, dan komunikasi.
- Etika Pemanfaatan
- Pengolahan dan Pemanfaatan Informasi, dan
- Penugasan Proyek
11. Muatan Lokal
Muatan Lokal ditetapkan oleh daerah/satuan pendidikan, maka pengelompokan nilai dalam rapor ditetapkan oleh daerah/satuan pendidikan masing-masing.
0 komentar:
Post a Comment