07 November 2007

Aspek aspek penilaian per mata pelajaran dalam KTSP

ASPEK ASPEK PENILAIAN KTSP
  1. Pendidikan Agama.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mata pelajaran Pendidikan Agama dapat dikelompokkan dalam aspek:
  • Kemampuan untuk mengembangkan konsep dan nilai-nilai kehidupan beragama.
  • Kemampuan untuk menerapkan konsep dan nilai-nilai kehidupan beragama melalui praktik atau pengalaman belajar.
Berdasarkan hal itu, nilai hasil belajar yang dicantumkan dalam Rapor juga mencakup aspek:
  • Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai,
  • Penerapan.
2. Pendidikan Kewarganegaraan

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat dikelompokkan dalam aspek:
  • Kemampuan untuk mengembangkan konsep dan nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Kemampuan untuk menerapkan konsep dan nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara melalui praktik atau pengalaman belajar.
Berdasarkan hal itu, nilai hasil belajar yang dicantumkan dalam Rapor juga mencakup aspek:
  • Penguasaan Konsep dan Nilai-nilai,
  • Penerapan.
3. Bahasa Indonesia

Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP dikelompokkan dalam aspek:
  • Mendengarkan,
  • Berbicara,
  • Membaca
  • Menulis
Penilaian dalam rapor dikelompokkan ke dalam aspek:
  • Mendengarkan
  • Berbicara
  • Membaca
  • Menulis
4. Bahasa Inggris

Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP dikelompokkan dalam aspek:
  • Mendengarkan,
  • Berbicara,
  • Membaca
  • Menulis.
Penilaian dalam rapor dikelompokkan ke dalam aspek:
  • Mendengarkan,
  • Berbicara,
  • Membaca
  • Menulis
5. Matematika
Standar kompetensi mata pelajaran matematika SMP terdiri dari 4. aspek yaitu : (a) Bilangan; (b) Aljabar; (c) Geometri dan pengukuran; (d) Peluang dan statistika;
Kecakapan atau kemahiran matematika yang diharapkan dalam pembelajaran matematika yang mencakup ke empat aspek tersebut diatas adalah mencakup : (a) Pemahaman konsep; (b) Penalaran; (c) Pemecahan masalah; (d) Mengkomunikasikan gagasan (e) Menghargai kegunaan matematika.

Penilaian matematika dalam rapor dikelompokkan menjadi aspek:
  • Pemahaman Konsep
  • Penalaran dan komunikasi
  • Pemecahan masalah
6. Ilmu Pengetahuan Alam

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat dikelompokkan dalam:
  • Pemahaman Konsep dan Penerapan
Pemahaman dan Penerapan Konsep mencakup semua sub ranah dalam ranah kognitif
  • Kerja Ilmiah
Kinerja Ilmiah mencerminkan semua aktivitas yang melatih dan mengembangkan keterampilan serta sikap ilmiah dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Berdasarkan hal di atas aspek Penilaiannya dikelompokkan menjadi:
  • Pemahaman dan Penerapan konsep
  • Kinerja Ilmiah
7. Ilmu Pengetahuan Sosial

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dikembangkan menjadi beberapa indikator. Indikator-indikator tersebut dikelompokkan menjadi aspek:
  • Kemampuan untuk mengembangkan konsep kehidupan sosial, dan
  • Kemampuan untuk menerapkan konsep kehidupan sosial melalui Praktik atau Pengalaman Belajar.
Berdasarkan hal itu, nilai hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang dicantumkan dalam Rapor mencakup aspek:
  • Penguasaan Konsep,
  • Penerapan.
Untuk kepentingan pembelajaran dan penilaian, analisis terhadap seluruh indikator dipertukan untuk menentukan indikator-indikator yang termasuk ke dalam masing-masing aspek. Hasil belajar yang dicantumkan dalam Rapor merupakan keputusan akhir yang menyimpulkan pencapaian pada setiap aspek.

8. Seni Budaya

Standar Kompetensi Mata Pelajaran Seni Budaya meliputi bidang:
  • Seni Rupa,
  • Seni Musik,
  • Seni Tari,
  • Seni Teater.
Satuan pendidikan boleh memilih satu atau dua dari bidang seni tersebut. Bidang seni tersebut kemudian menjadi standar kompetensi dan kompetensi dasar yang mencakup:
  • Apresiasi,
  • Kreasi,
Penilaian dalam rapor dikelompokkan ke dalam aspek:
  • Apresiasi
  • Kreasi
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani , olah raga dan kesehatan terdiri atas:
  • Permainan dan Olahraga,
  • Aktivitas Pengembangan,
  • Uji diri/senam,
  • Aktivitas Ritmik,
  • Akuatik
  • Pendidikan Luar Kelas.
  • Kesehatan
Aspek penilaian yang dimasukan ke dalam rapor adalah:
  • Permainan dan Olahraga,
  • Aktivitas Pengembangan,
  • Uji diri/senam,
  • Aktivitas Ritmik,
  • Akuatik/ Pendidikan Luar Kelas.
Untuk aspek kesehatan yang terdapat pada standar kompetensi di integrasikan pada semua aspek penilaian mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

10. Pilihan : Keterampilan atau Teknologi Informasi dan Komunikasi
  1. Keterampilan
Standar Kompetensi mata pelajaran Keterampilan dikelompokkan dalam:
  • menciptakan dan mengkomunikasikan produk kerajinan, dan
  • menciptakan dan mengkomunikasikan produk teknologi.
Aspek penilaiannya dalam rapor adalah:
  • Kreasi Produk Kerajinan,
  • Kreasi Produk Teknologi
Dengan demikian, semua nilai yang diperoleh dari kreasi tangan yang menggunakan bahan dengan teknik tertentu atau teknik campuran dimasukkan ke dalam nilai Kreasi Produk Kerajinan. Sedangkan, semua nilai yang diperoleh dari kreasi dengan bantuan peralatan teknologi (seperti teknologi rekayasa, teknologi budidaya, dan teknologi pengolahan) dimasukkan ke dalam nilai Kreasi Produk Teknologi. Perlu diingat, nilai kreasi termasuk juga nilai apresiasi dan etika kerja.

1. Teknologi Informasi dan Komunikasi

Standar kompetensi untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dikelompokkan dalam:
  • Pemahaman Konsep, Pengetahuan, dan Operasi Dasar,
  • Pengolahan Informasi untuk Produktivitas, dan
  • Pemecahan masalah, eksplorasi, dan komunikasi.
Aspek penilaian dalam rapor adalah:
  • Etika Pemanfaatan
  • Pengolahan dan Pemanfaatan Informasi, dan
  • Penugasan Proyek
Dengan demikian, semua nilai yang berkaitan dengan Pemahaman Konsep, Pengetahuan, dan Operasi Dasar dimasukkan ke dalam aspek penilaian Etika Pemanfaatan. Nilai Pengolahan Informasi untuk Produktivitas dimasukkan ke dalam aspek penilaian Pengolahan dan Pemanfaatan Informasi. Nilai Pemecahan masalah, eksplorasi, dan komunikasi dimasukkan ke dalam aspek penilaian Penugasan Proyek.

11. Muatan Lokal

Muatan Lokal ditetapkan oleh daerah/satuan pendidikan, maka pengelompokan nilai dalam rapor ditetapkan oleh daerah/satuan pendidikan masing-masing.

0 komentar:

Post a Comment

Blog Education

Blog Catonggo

  • SOAL PHYTAGORAS - Selanjutnya mari kita mencoba mengerjakan soal berikut: Phytagoras by ProProfs » Create A Quiz @ProProfs
    7 years ago
Jasa Pembuatan Weblog
Blog anda akan tampil elegant, keren, dan cepat terindex di google, yahoo, msn, biaya mulai Rp.50.000,-
http://bisnis.mr-mung.com

Pengikut

  © Blogger template 'External' by Ourblogtemplates.com 2009 | Redesign by Jasa Pembuatan Blog Mung Bisnis

Back to TOP