08 March 2007

Standar Kompetensi Lulusan TIK

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN TIK
SMP KOTA SEMARANG


Berdasarkan banyaknya permintaan dari guru guru TIK kota Semarang tentang SKL Ujian Sekolah untuk mata pelajaran TIK, maka kami MGMP TIK Kota Semarang berusaha memenuhi permintaan dari para guru TIK tersebut. Kami menerbitkan SKL Ujian sekolah untuk mata Pelajaran TIK seperti terlampir. Untuk ujian praktik dipersilahkan memilih beberapa materi yang sesuai dengan sekolah masing-masing. Untuk ujian Tulis dimohon menyesuaikan dengan SKL berikut. Jika ternyata para guru TIK juga menginginkan agar soal ujian teori secara bersama dengan soal yang sama maka MGMP siap memenuhi mebuatkan soal. Oleh karena itu dipersilahkan mengisi komentar agar kami bisa mengetahui informasi tersebut. Semoga SKL ini dapat bermanfaat.

No

Standar Kompetensi Lulusan

Ruang Lingkup Materi

Bentuk tes

1

Memahami penggunaan Teknologi informasi dan komunikasi serta prospeknya dimasa mendatang

  • Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
  • Mendiskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang
  • Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi didalam kehidupan sehari hari
  • Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

Tulis/Praktik

2

Menguasai Dasar Dasar Ketrampilan Komputer

  • Mengaktifkan komputer sesuai prosedur
  • Mematikan komputer sesuai prosedur
  • Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis

Tulis/Praktik

3

Menggunakan perangkat pengolah kata dan pengolah angka untuk mnghasilkan dokumen sederhana

  • Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata
  • Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program pengolah kata
  • Menggunakan menu dan ikon poko pada perangka lunak pengolah kata
  • Membuat dokumen pengolah kata sederhana
  • Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka
  • Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program pengolah angka
  • Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah angka
  • Membuat dokumen pengolah angka sederhana

Tulis/Praktik

4

Menguasai dasar dasar Power Point untuk presentasi

  • Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak power point
  • Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak power point
  • Menggunakan menu dan ikon pada perangkat lunak power point
  • Membuat dokumen power point
  • Menyajikan dokumen power point

Tulis/Praktik

5

Memahami prinsip dasar-dasar internet/intranet dan menggunakannya untuk memperoleh informasi

  • Menjelaskan pengertian dasar internet/ intranet
  • Memahami dasar dasar sistem jaringan di internet/intranet
  • Mengenal ukuran kecepatan akses internet
  • Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses internet/intranet
  • Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan internet/internet
  • Mendemonstrasikan akses internet sesuai prosedur
  • Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di internet
  • Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi
  • Membuat email
  • Mengirim email
  • Membalas email
  • Melampirkan berkan pada email

Tulis/Praktik

1 komentar:

Suryadi 10:53 PM  

Saya membandingkan SKL TIK level SMP Semarang dan SKL TIK level SMA DKI Jakarta, isinya kurang lebih 75% sama. ini yang SMA --> http://lauthfi.files.wordpress.com/2008/02/skl-tik-2008.pdf

Pertanyaan:
* siapakah yang berhak tentukan SKL TIK itu sampai sejauh apa?
* apakah ada badan yang berkompeten untuk keluarkan standar SKL TIK di tiap Level SD, SMP dan SMA?

Terima kasih banyak sebelumnya.

salam,
suryadi
http://pkab.wordpress.com
ada ratusan artikel mengenai peta konsep/ peta pikiran

Post a Comment

Blog Education

Blog Catonggo

Jasa Pembuatan Weblog
Blog anda akan tampil elegant, keren, dan cepat terindex di google, yahoo, msn, biaya mulai Rp.50.000,-
http://bisnis.mr-mung.com

Pengikut

  © Blogger template 'External' by Ourblogtemplates.com 2009 | Redesign by Jasa Pembuatan Blog Mung Bisnis

Back to TOP